8 Aplikasi Meeting Online yang Gratis Dan Aman

Halo sahabat Fauna.

8 Aplikasi Meeting Online yang Gratis dan Aman-  Di masa pandemi saat ini, banyak sekali pekerja yang diharuskan berkerja di rumah atau work from home.  Bukan hanya para pekerja saja, tetapi peserta didikpun di minta untuk belajar dengan sistem daring (dalam jaringan). Hal tersebut membuat banyak orang merasa kelabakan, karena hal ini terbilang baru dan memakan biaya yang cukup untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Sahabat Fauna jangan bingung lagi, di artikel kali ini kita akan membahas tentang Aplikasi Meeting Online yang sering digunakan di masa pandemi dan GRATIS!

Yuk, simak artikel ini untuk lebih jelasnya.

***

Berikut aplikasi meeting online yang bisa kalian gunakan untuk membuat kegiatan kalian selama work from home  lebih mudah dan menyenangkan.

 

 

1. Zoom Cloud Meeting

 

  1. Zoom Cloud Meeting

Kalian pasti tidak asing dengan platform video conference Zoom. Aplikasi ini paling banyak digunakan di Indonesia maupun di seluruh dunia. Aplikasi ini sangat banyak digunakan oleh para pelajar dan juga para pekerja.

Aplikasi Zoom sendiri memiliki banyak fitur pendukung baik untuk bisnis ataupun kebutuhan akademik. Selain menawarkan fitur video conference, pada aplikasi ini juga memungkinkan kalian untuk melakukan audio conference, live chat, dan webinar. Sampai artikel ini diterbitkan, aplikasi Zoom tercatat memiliki lebih dari 500 juta pengguna dengan rating 4.0 di Google Play Store.

Tetapi sangat di sayangkan, beberapa waktu lalu aplikasi Zoom terkena isu kebobolan atau kebocoran data obrolan yang membuat banyak orang beralih dari aplikasi ini.

Zoom bisa memiliki 2 versi yaitu berbayar dan gratis. Di akun berbayar pengguna bisa dengan mudah menggukan aplikasi ini tanpa memperhatikan waktu. Tetapi untuk versi gratis maxsimal waktu yang diberikan yaitu selama 45 menit.

 

 2. Google Meet

  1. Google Meet

Aplikasi yang kedua yaitu Google Meet. Sesuai dengan namanya aplikasi video conference gratis ini dikembangkan oleh raksasa mesin pencari yaitu Google. Google Meet menjadi aplikasi pesaing dari Zoom. Menagapa demikian? Karena aplikasi ini mempunyai sejumlah fitur keren yang tak kalah canggih dari Zoom.

Sayangnya, di aplikasi ini partisipan meeting dibatasi hanya 100 orang saja. Tetapi jangan risau karena di aplikasi ini kalian tidak dipusingkan dengan waktu. Maksutnya di aplikasi Google meet, tidak ada batas waktu yang perlu takutkan.

Di aplikasi ini juga sudah terintegrasi langsung dengan G Suite sehingga pengguna bisa dengan mudah mengikuti video conference melalui link undangan yang dikirimkan oleh host.

 

  1. Skype

Untuk kalian yang sudah mengenal aplikasi lawas ini, kalian Hebat. Aplikasi virtual meeting yang di tawarkan oleh Microsoft ini sudah dirilis sejak tahun 2003. Sampai saat ini aplikasi ini sudah di unduh lebih dari 1 milyar orang. Wow Keren banget!

Kalian bisa langsung menggukan aplikasi ini tanpa harus membuat akun ataupun mendownloadnya, karena Skype bisa diakses melalui website. Tetapi yang sangat di sayangkan aplikasi ini hanya bisa menerima partisipan sebanyak 50 orang saja dalam satu room video conference.

 

 

  1. Microsoft Teams

Platform video conference selanjutnya yaitu Microsoft Teams.  Aplikasi ini tak hanya bisa digunakan untuk melakukan video conference, Microsoft Teams dapat juga digunakan untuk mengirim pesan atau melakukan panggilan telepon.

Keunggulan lain yang ditawarkan dari aplikasi ini yaitu sudah langsung terkoneksi dengan Microsoft Office 365 ini adalah bisa menampung maxsimal 10.000 peserta dalam satu room.

Platform ini juga bisa langsung kalian download melalaui perangkat smartphone, laptop atau komputer. Sangat kerenkan aplikasi ini! Jadi tak perlu ragu lagi, langsung install sekarang juga!.

5. Cisco Webex Meetings

  1. Cisco Webex Meetings

Selanjutnya aplikasi video conference paling ringan yaitu Cisco WebEx. Sebagai orang Indonesia, mungkin aplikasi ini kurang terkenal. Tapi jika kalian tahu, ternyata di luar Indonesia aplikasi ini sangat gemari.

Sama dengan aplikasi Zoom dan Google Meet. Aplikasi Cisco WebEx menyediakan layanan video conference secara gratis. Tapi, kalian hanya bisa menggunakan Cisco selama 40 menit saja. Jika kalian ingin menggunakan aplikasi ini dalam jangka waktu yang lama, kalian bisa membayar paket berlanggan yang disediakan.

Meskipun hanya dibatasi selama 40 menit saja dalam melakukan meeting, kualitas gambar, video dan audio yang disuguhkan Cisco Webex Meetings tak ada duanya.

Blue Jeans

  1. Blue Jeans

Selanjutnya yaitu aplikasi video conference Blue Jeans. Platfrom ini menawarkan keunggulan yang berbeda dari platform lainnya. Blue Jeans mendukung audio yang lebih berkualitas serta visual yang lebih utuh dan kompleks.

Kalian bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dengan jumlah waktu yang tidak terbatas, baik itu diperangkat laptop, computer, maupun smartphone. Hanya saja pada aplikasi ini dibatasi maksimal 150 peserta dalam sekali meeting. Jika Anda ingin lebih, Anda harus berlangganan paket premium per bulannya.

Jitsi Meet

  1. Jitsi Meet

Rekomendasi aplikasi meeting online yang selanjutnya adalah Jitsi Meet. Aplikasi ini tidak kalah kegunaannya dengan aplikasi sebelumnya. Selain bisa digunakan untuk belajar atau bekerja secara daring, Jitsi Meet juga sangat cocok digunakan untuk melakukan obrolan dengan keluarga jauh.

Jadi, buat kalian yang rindu keluarga karena tidak bisa mudik mending aja mereka untuk ngobrol sambil tatap muka dengan aplikasi ini.

awor

 

  1. Awor

Rekomendasi aplikasi yang terakhir yaitu awor. Meskipun terbilang baru, aplikasi ini juga sudah mempunyai fitur yang tak kalah dari aplikasi meeting lainnya. Kalian bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis selama 90 menit, jika ingin lebih lama kalian bisa berlangganan supaya tidak ada batas waktu dalam melakukan meeting. Kalian bisa download aplikasi Awor melalui Google Play store.

***

Nah, itu tadi delapan aplikasi meeting online yang bisa kalian gunakan secara gratis maupun berbayar. Kalian bisa memilih menggunakan yang mana berdasarkan benefit yang sudah dipaparkan di atas.

Semoga info ini bermanfaat dan dapatkan artikel lain di Fauna.co.id

Terimakasih!!