Budidaya Kapulaga Mudah dan Cepat Panen

Budidaya Kapulaga Mudah dan Cepat Panen- Kapulaga saat ini menjadi salah satu devisa dari sektor pertanian yang sangat digemari oleh banyak orang. Mengingat begitu banyaknya komoditas perkebunan yang saat ini tersedia di berbagai daerah di Indonesia. Pemerintahpun sangat mendukung hal tersebut.

Dari tahun ke tahun Kapulaga masih menjadi tanaman yang terfavorit, yang bisa dibudidayakan secara monokultur atau sebagai tanaman sela antar tanaman. Jenis tanaman ini bisa ditanam di sela antar tanam karet, kelapa sawit, durian, mangga dan  masih banyak lainnya. Saat ini di Provinsi Bengkulu menempati komoditas eksport pertama untuk jenis ini. Hal ini terjadi karna Bengkulu merupakan daerah potensial yang sangat cocok untuk pengembangan perkebunan.

Jenis rempah asal India yang satu ini memiliki rasa gurih dan sedikit manis. Kapulaga sering digunakan sebagai penguat rasa dan aroma masakan. Kapulaga mengandung banyak mineral di dalamnya, antara lain mangan, kalsium, dan kalium. Kapulaga juga dapat dimanfaatkan dalam bentuk bubuk, minyak esensial, bahkan suplemen herbal yang sangat membantu.

Nah sahabat fauna, saat ini kita akan mencoba untuk membuat morfologi Kapulaga agar cepat panen. Sahabat fauna juga bisa melihat dan membaca artikel lainnya di Fauna.co.id

 

Morpologi Kapulaga Agar Cepat Panen

 

1. Daun1

 

  1. Daun

Bagian daun dari jenis tanaman yang satu ini bermacam-macam. Ada yang mempunyai daun tunggal, pendek atau bertangkai dan lokasi daun pada batang tersebar tatap muka.

Bentuk daun kapulaga mempunyai panjang 20 – 55 cm dan lebar 2,5 – 11 cm. Daun kapulaga jenis sabrang berukuran relatif lebih panjang dan warnanya lebih muda dari jenis lokal. Tepi daun jenis sabrang juga lebih rata, pangkal daunnya meruncing dan ujungnya runcing.

 

 

BATANG`

  1. Batang

Batang semu, terbungkus pelepah daun hijau. Bentuk batang tanaman kapulaga bulat, tumbuhnya tegak, dan tingginya sekitar 1-3 meter. Satu rumpun dari jenis kapulaga ini bisa mencapai 30-50 batang dan warna rimpang hitam merah dan ada yang putih atau putih kehijauan tergantung jenisnya.

 

Bunga

 

  1. Bunga

Dibagian selanjutnya yang akan dibahas adalah bunga. Bunga tanaman kapulaga lokal disusun berbentuk kerucut, pagar tanaman berbunga, memiliki struktur pelindung seperti sisik dan bunga yang ujungnya biasanya tidak menjadi buah.

Selain bunga kapulaga lokal, ada juga bunga kapulaga sabrang memiliki garis coklat putih, daun pelindung berwarna kusam, ditemukan di setiap ruang tangkai buah.

buah

 

  1. Buah

Buah kapulaga lokal biasanya tersusun dalam banyak tandan. Biasanya terdiri dari 5-18 tandan. Bentuk buah bulat, tiga beruang, masing-masing buah memiliki 14-16 biji dan ukuran buah, warna kulit buah berbeda sesuai jenisnya.

Kulit kapulaga merah mimiliki warna putih kemerahan, sedangkan kapulaga putih mengembang. Selanjutnya sabrang kapulaga duduk, menyebar di malai bercabang dan batang panjang. Bentuk buahnya bulat sampai agak lonjong, warna kulitnya hijau atau hijau muda.

Syarat Tumbuh Kapulaga Agar Cepat Panen

 

  1. Tanah

Dibagian kali ini kita akan membahas bagaimana syarat tumbuhan kapulaga agar cepat panen dan pasti menghasilkan sesuatu yang sangat memuaskan. Bagian yang perlu diperhatikan yaitu jenis-jenis tanah. Jenis tanah yang baik untuk pertumbuhan kapulaga atau sabrang lokal adalah latosol, andosol, aluvial, podzolik merah-kuning, dan Mediterania.

Selain melihat jenis tanah, kita juga harus memastikan tekstur tanah. Jenis tanah yang baik antara tanah liat bertekstur dan atau tanah liat berpasir. Proses tumbuhnya kapulaga. Kapulaga tidak suka air yang tergenang, bahan organik tanah harus tinggi dan dikeringkan dengan keasaman atau pH 5,6-6,8. Selanjutnya kapulaga juga dapat tumbuh pada ketinggian 200-1000 meter di atas permukaan laut dan secara optimal 300-500 meter di atas permukaan laut.

  1. Iklim

Kapulaga akan tumbuh dengan baik di daerah dengan tipe iklim A, B, dan C. Dalam hubungannya dengan iklim curah hujan optimal adalah 2.500-4.000 mm per tahun. Terlalu banyak curah hujan memiliki efek buruk sehingga batang bunga pendek dan memiliki banyak bunga busuk.

Jika dilihat dari jenis iklimnya, ketika musim kemarau panjang menghasilkan akan menghasilkan anakan kecil, sehingga bunga yang dihasilkan juga akan berkurang. Selanjutnya intensitas cahaya, dalam proses penamanan kapulaga yang baik untuk pertumbuhan kapulaga berkisar antara 30% hingga 70%.

Suhu rata-rata yang dibutuhkan ketika ingin membuat kapulaga cepat panen yaitu kisaran 20-30oC, sedangkan di dataran rendah pohon pelindung cukup subur pada 23-30oC.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, jika Anda membutuhkan info lain silahkan baca juga di blog kami Fauna.co.id