Cara Kambing Cepat Gemuk dan Besar

https://fauna.co.id/cara-kambing-cepat-gemuk-dan-besar/-Kambing menjadi salah satu hewan mamalia yang masuk dalam golongan herbivora yang banyak dimanfaatkan oleh manusia. Hewan mamalia ini juga dapat diambil dagingnya maupun air susunya. Kambing juga sangat memiliki banyak jenis. Ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh kambing menjadi pembeda antara kambing satu dengan lainnya. Bukan hanya itu saja, olahan kambingpun saat ini sangat banyak digemari oleh masyarakat luas.

Beternak kambing atau domba ternyata memiliki peran yang sangat penting dalam memajukan perekonomian di Indonesia. Dengan membudidayakan kambing dirasa memiliki nilai yang tidak jauh berbeda dengan hasil ternak lainnya.

Nah dari hal itu, permintaan pada hewan tersebut terus meningkat setiap harinya. Jika dilihat dari banyaknya permintaan dan minat masyarakat melalui salah satu jenis mamalia ini sangat membuka peluang bisnis bagi kita. Apa lagi jika kita bisa membuka peternakan kambing yang saat ini cukup digemari oleh peternak yang ada di Indonesia, betapa menjanjikannya hasil yang akan didapatkan. Nah teman-teman sangat menarik bukan jika kita bisa beternak kambing dengan hasil yang besar dan memuaskan.

Jika Anda berminat untuk terjun di bisnis peternakan kambing dalam artikel ini akan menjelaskan bagaimana sih cara ternak kambing yang benar dan bisa cepat mengasilkan anakan. Mari kita bahas bersama!

Cara Ternak Kambing Agar Cepat Besar, Gemuk dan Cepat beranak.

Ketika Anda ingin ternak kambing, hal utama yang harus dipikirkan adalah modal. Selain modal hal yang harus diperhatikan adalah tempat beternak yang tersedia. Ketika modal dan tempat beternak sudah ada, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan yaitu membuat kambing menjadi unggulan dan menghasilkan bibit yang unggul juga. Saat ini  Anda harus ikuti beberapa cara ternak kambing berikut ini supaya menghasilkan kambing yang besar, gemuk, dan cepat beranak.

Pembibitan Kambing

Pembibitan Kambing

Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu Anda harus memilih kambing dengan umur 6-8 bulan. Pada saat umur 6-8 bulan kambing sudah berada di masa kawin, jadi lebih mudah untuk mengurusnya. Setelah memilih umur kambing, perhatikan juga ciri-ciri tubuhnya, seperti kecacatan, kondisi bulu, garis pinggang, hingga kebersihan anusnya harus terjaga, Jika hal itu sudah bisa diminimalisir makan kambing yang akan di ternak pasti akan menjadi bibit unggul. Hal lain juga yang harus diperhatikan yaitu memastikan jenis kelamin kambing yang Anda beli berbeda.

 

pakan

Pakan

Makanan sangat penting untuk semua mahluk hidup. Sama halnya dengan makanan atau pakan untuk kambing. Pakan atau makanan salah satu jenis hewan mamalia ini juga perlu diperhatikan. Salah satu hal paling penting yaitu pemenuhan nutrisi pada pakan kambing-kambing Anda. Biasanya, para peternak kambing akan memberikan pakan berjenis rumput segar dan dedaunan hijau sebagai makanan utama, namun ternyata itu saja tidak cukup.

Anda bisa menambahkan pakan lain untuk kambing, seperti ampas tahu, ampas tempe, singkong, hingga bekatul. Hal ini dilakukan untuk menambah nutrisi kambing. Kita juga bisa memberikan pakan konsentrat. Pakan konsentrat bagi kambing antara lain bisa berasal dari biji-bijian dan limbahnya seperti jagung, gandum, sorgum, gaplek, padi, dedak danlainnya. Selain konsentrat kita juga bisa memberikan suplemen. Jenis pakan ini dibutuhkan sedikit saja supaya tumbuh kembang kambing menjadi baik. Meskipun diberi tambahan makanan, pakan utama kambing tetaplah rumput dan dedaunan hijau.

Untuk memaksimalkan pertumbuhan kambing, Anda bisa memberikan pakan sehari 2 kali sehari di pagi dan sore. Sesekali beri juga vitamin dan suplemen untuk kambing demi menjaga daya tahan tubuhnya. Tidak ada salahnya jika kita beternak kambing. Yang penting kita benar-benar paham makanan yang akan kita berikan pada hewan ternak kita. Karna kunci sukses dalam beternak kambing terletak pada pengaturan makanan yang tepat.

 

panen

Panen

Setalah memilih bibit dan memastikan pakan apa saja yang harus diberikan ke hewan ternak, hal yang terakhir dilakukan yaitu panen. Anda bisa menjual kembali kambing ketika sudah berumur 9 bulan keatas. Hal ini dilakukan karena kondisi dagingnya yang sudah bagus dan sudah dewasa. Akan lebih menguntungkan lagi jika kambing yang siap dijual bertepatan pada hari-hari besar, seperti hari raya Idul Adha, di mana permintaan kambing akan meningkat dan harganya pun akan naik.

Sekian beberapa cara ternak kambing bisa Anda lakukan sendiri. Selain memperhatikan pakannya, Anda juga perlu memperhartikan kondisi kandang kambing dengan membersihkannya secara berkala supaya hasilnya memuaskan. Selamat menjadi juragan kambing!