Cara Menanam Pepaya California Agar Cepat Panen

Cara Menanam Pepaya California Agar Cepat Panen- Pepaya (Carica papaya L.), atau betik merupakan tumbuhan yang dari dari Meksiko bagian selatan dan  bagian utara berasal Amerika Selatan, dan  sekarang menyebar luas serta banyak ditanam di seluruh wilayah tropis buat diambil buahnya. C. papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama buah pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, “papaja”, yg di gilirannya pula merogoh asal nama bahasa Arawak, “papaya”. pada bahasa Jawa pepaya diklaim “katès” dan  pada bahasa Sunda “gedang”.

Pepaya adalalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama buah pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, “papaja”, yg di gilirannya pula merogoh asal nama bahasa Arawak, “papaya”. pada bahasa Jawa pepaya diklaim “katès” dan  pada bahasa Sunda “gedang”.

Pepaya  jenis IPB-9 mempunyai kekhasan di permukaan kulit buahnya yg sangat mulus dan  berwarna hijau. jika dibelah daging buahnya berwarna Jingga kemerahan yang lezat. Daging buahnya tebal dan  lembut. Bobot bisa mencapai 1,lima Kilo Gram menggunakan taraf kemanisan 110 briks. Kadar gulanya lebih tinggi asal pepaya Cibinong yang berkadar gula 9-100briks.

 

  • Pengetahuan Dasar Cara

 

Cara menanam pepaya california bisa dilakukan secara optimal Jika sempurna dalam pemilihan lokasi lahan tanam, pilihlah lokasi menggunakan kondisi hembusan anginnya tidak terlalu kencang, hal ini bertujuan supaya proses penyerbukan mampu berjalan lancar. Selain itu, hal lain yg wajib  diperhatikan dalam menanam pepaya california ialah curah hujan pada lokasi penanaman. Pilihlah lokasi yg memiliki curah hujan sedang berkisar antara 1.000 sampai dua.000 mm/th.

Sedangkan suhu yang cocok buat budidaya pepaya california berkisar antar 22 hingga 27 derajat celcius, serta memiliki presentase kelembaban tanah kurang lebih 40%. huma tanam idealnya memiliki kandungan asam netral, yaitu berkisar antara pH 6 hingga 7. Jika tanah terlalu asam atau pH kurang asal lima, usahakan lakukan pengapuran memakai dolomit agar pH tanah menjadi netral.

Selain itu, cara menanam pepaya california pula usahakan memilih lahan tanam yg bertekstur gembur serta mempunyai taraf kesuburan yang tinggi. karena tanah tersebut bayak mengandung nutrisi serta banyak sekali macam unsur hara yang sangat diperlukan dalam proses pertumbuhan pepaya. Pasokan air jua harus diperhatikan, jangan hingga tanaman pepaya kekurangan air sebagai akibatnya tumbuhan pepaya menjadi layu lalu tewas. namun perhatikan pula jangan sampai pasokan air yang diberikan terlalu berlebihan dan  menggenangi tanman. sebab genangan air mampu memicu tumbuhnya jamur yang Mengganggu pertumbuhan tanman pepaya.

Cara menanam pepaya california tidak terlalu susah, jadi kamu bisa mencobanya sendiri dirumah. dengan memanfaatkan halaman belakang atau laman depan rumah, engkau  sudah bisa menanam pepaya california.

 

Cara Menanam Pepaya California

 

 

bibit

 

  • Pembibitan

 

Proses pertama dalam cara menanam pepaya california merupakan pemilihan hibrida. Pilihlah bibit yang sudah terbukti kualitas pertumbuah dan  yang akan terjadi panennya melimpah. Atau mampu juga melakukan pembibitan sendiri pribadi dari biji butir pepaya california, namun cara ini usahakan diawali dengan proses persemaian bibit dahulu baru lalu benih ditanam di lahan tanam sebenarnya. Pemilhan bibit sangat memperngaruhi yang akan terjadi dalam cara menanam pepaya california proses pemilihan bibit pepaya california.

jika kamu ingin mencoba menanam pepaya di pager rumah, sebaiknya pilihlah bibit pepaya yang siap tanam. umumnya bibit pepaya banyak dijual di kios pertanian terdekat, atau bisa jua mencarinya langsung dari petani pepaya california disekitar rumahmu. Hal ini jauh lebih menguntungkan, sebab bibit pepaya tadi sudah terbukti kualitasnya, dan  tak perlu repot melakukan proses persemaian.

 

 

tanam

 

 

  • Media Tanam

setelah mendapat bibit pepaya siap tanam, tahap selanjutnya adalah proses pengolahan tanah yang akan dijadikan huma tanam pepaya california tersebut. usahakan huma tanam dibajak atau di cangkul terlebih dahulu, supaya tanah menjadi gembur, kemudian lakukan pemberian  pupuk kandang secukupnya kemudian pisahkan tanah tadi selama kurang lebih 1 minggu supaya racun yang terkandung pada tanah mati.

Jika lahan tanam telah didiamkan selama 1 minggu, masukan bibit pepaya california kedalam lubang tanam, kemudian tutup dengan tanah yang sebelumnya telah dicampur dengan pupuk sangkar serta abu sekam dengan takaran 1 : 1 : 1.

 

 

 

 

  • Pemeliharaan

 

Meski hanya menanam pepaya dalam jumlah mungil dan  hanya ditanam dihalaman tempat tinggal, namun proses pemeliharaan tanaman harus tetap dilakukan, supaya proses pertumbuhan serta buah pepaya yang dihasilkan bisa sesuai harapan.

Jenis pemeliharaan yang bisa dilakukan antara lain penyiangan, pengairan atau penyiraman, dan  pemupukan tambahan.

Penyiangan adalah proses pencucian area kurang lebih huma dari gulma serta rumput liar yang yang dapat menghambat pertumbuhan tumbuhan pepaya.

Lakukan penyiraman rutin di pagi hari sebelum surya terik, namun sebaiknya menyiram menggunakan debit air secukupnya, sebab air yg menggenang pada area sekitar tanaman justru mampu memicu keluarnya fungi yang dapat menghambat pertumbuhan dan  perkembangan tanaman pepaya.

anugerah pupuk susulan juga penting, hal ini untuk menjaga kesuburan dan  kandungan nutrisi tanah di area kurang lebih tumbuhan pepaya california. Pemupukan dapat dilakukan saat tumbuhan pepaya berumur 6 bulan, lalu lakukan secara rutin setiap 2 bulan sekali. Pemupukan dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk sangkar yang sudah matang atau difermentasi sebelumnya.

 

 

panen

 

 

  • Proses Panen

 

Idealnya ketika berumur 9 hingga 10 bulan, tumbuhan pepaya california sudah siap dipanen, hal ini ditandai menggunakan butir pepaya california yang mulai menguning. sesudah panen pertama umumnya tanaman pepaya akan terus berbuah hingga memasuki usia tak produktif. masa panen pepaya california lebih kurang umur 9 bulan sehabis masa tanam pepaya california siap panen.

Setelah tanaman pepaya berumur 5 sampai 6 tahun umumnya tanaman pepaya mulai tidak produktif, namun banyak juga faktor lain yg meyebabkan tanaman pepaya praktis tidak produktif mirip perawatan dan  faktor lainnya.

 

 

biji

 

 

  • Manfaat butir pepaya

 

Pepaya memiliki manfaat yg banyak sebab pepaya banyak mengandung vitamin A yg baik buat kesehatan mata, pepaya jua memperlancar pencernaan bagi yang sulit buang air akbar. di beberapa tempat butir pepaya 1/2 matang dijadikan rujak buah cantik beserta dengan butir bengkoang, nanas, apel, belimbing, jambu air. Getah buah pepaya juga tergolong mahal sebab getah pepaya mampu diolah menjadi tepung papain yg bermanfaat bagi kebutuhan rumah tangga dan  industri. di pengobatan herbal pepaya dapat mencegah kanker,[5] sembelit, kesehatan mata.

 

 

biiji

 

 

  • Manfaat biji pepaya

 

Biji buah pepaya bermanfaat menjadi antioksidan dalam darah karena bisa menurunkan kadar kolesterol dan  LDL, serta meningkatkan kadar HDL (lipoprotein densitas tinggi). Biji pepaya memiliki pengaruh hipolipidemia untuk terapi hiperlipidemia yg disebabkan sang kadar lemak nabati atau kolesterol dalam jumlah terlalu tinggi sebab ekstrak biji tersebut berisi kandungan alkaloid, flavonoid, tanin, saponin, antrakuinon, dan  antosianin. Menurutnya biji pepaya dapat dikonsumsi dengan cara diblender serta disajikan mirip menghasilkan juz, atau pun dengan cara diseduh mirip menyeduh kopi sesudah terlebih dahulu dikeringkan dan  diblender.