Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Dengan Benar

cara-menjaga-kesehatan-gigi-dan-mulut-dengan-benar – Mulut dan gigi menjadi asset utama bagi setiap orang. Bagian mulut dan gigi yang bermasalah dapat menimbulkan komplikasi serius, bukan hanya di gigi dan mulut, tapi juga di seluruh tubuh. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut agar kesehatan tubuh secara menyeluruh juga terjaga dan terhindar dari penyakit.

Mulut adalah hal penting bagi kesehatan tubuh. Jika mulut tidak sehat, tubuh juga ikut tidak sehat. Begitu juga sebaliknya, jika tubuh tidak sehat, sering terjadi gejalanya terlihat pada mulut.

Ada berapa macam penyakit pada tubuh manusia yang terkait dengan kesehatan gigi dan mulut. Misalnya penyakit jantung dan penyakit paru-paru. Orang dengan penyakit yang terjadi pada gigi dan mulut biasanya lebih beresiko terkena penyakit kardiovaskulas dan pneumonia. Jadi, mari jaga kesehatan gigi dan mulut kita!.

 

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Orang banyak mengira bahwa menyikat gigi 2 kali sehari saja sudah cukup untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Nyatanya, tidak begitu. Berikut cara-cara yang tak kalah penting untuk Kita terapkan agar kesehatan gigi dan mulut bisa terjaga secara maksimal, dan terhindar dari berbagai macam penyakit antara lain:

Tidak boleh sembarang pilih pasta gigi dan sikat gigi

Tidak boleh sembarang pilih pasta gigi dan sikat gigi

Selain menyikat gigi secara teratur, kita juga dianjurkan tidak asal memilih pasta gigi. Kamu bisa memilih pasta gigi yang mengandung fluoride. Bahan kimia ini dipercaya bisa dan memperkuat gigi dan mencegah gigi berlubang.

Selain itu, sikat gigi juga perlu diganti setiap 3–4 bulan. Pilihlah sikat gigi yang kepala sikat lonjong dan kecil serta bulu sikat yang halus. Sikat gigi dengan jenis itu, bisa lebih menjangkau area-area di sudut mulut dan tidak membuat gusi nyeri.

Bersihkan sela gigi dengan benang gigi

Bersihkan sela gigi dengan benang gigi

Ketika kita telah menyikat gigi, terkadang masih ada saja sisa makanan di sela-sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Nah, untuk membersihkannya, kita bisa menggunakan benang gigi supaya sisa makanan yang susah dijangkau mudah untuk dibersihkan.

Ketika kita rutin membersihkan gigi dengan benang gigi (flossing), diyakini bisa mengurangi jumlah plak dan bakteri penyebab gigi berlubang. Namun, kita juga perlu melakukan flossing dengan hati-hati, agar gusi kita tidak terluka dan berdarah.

Jangan merokok

Jangan merokok

Merokok juga dapat menimbulkan gangguan pada mulut dan gigi, seperti bau mulut, penumpukan plak dan  juga karang gigi, serta perubahan warna gigi. Merokok juga dapat meningkatkan risiko terjadinya radang gusi dan kanker mulut yang sangat membahayakan tubuh kita.

Supaya kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga, segera hentikan kebiasaan buruk ini. Kita dapat mengganti kebiasaan tersebut dengan mengunyah permen karet atau permen. Mengunyah permen karet, khususnya permen karet nikotin, diyakini bisa membantu kita berhenti merokok.

Bahkan tidak hanya itu saja, mengunyah permen karet yang bebas gula setiap selesai makan juga diyakini dapat meningkatkan produksi air liur sehingga dapat membantu membilas mulut dari sisa makanan dan bakteri.

Pakailah obat kumur (mouthwash) secara rutin

Pakailah obat kumur (mouthwash) secara rutin

Saat ini masih banyak orang yang  belum berkumur dengan mouthwash secara rutin untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka. Padahal, dengan cara sudah terbukti bisa membuat gigi dan mulut lebih bersih dan terbebas dari penyakit.

Selain itu, obat kumur juga bisa membantu kita mengurangi bau mulut dan membuat napas kita lebih segar selama kurang lebih 12 jam.

Tapi, jangan asal membeli obat kumur, ya. Pakailah obat kumur antiseptik yang dilengkapi dengan kandungan 4 minyak esensial seperti thymol, methyl salicylate, menthol, dan eucalyptol. Dan yang keempat bahan aktif ini dipercaya dapat mengurangi 99,9% kuman penyebab bau mulut, plak, dan masalah gusi pada mulut, sehingga mulut jadi lebih bersih, sehat dan terhindar dari penyakit mulut dan gigi.

dokter

Manfaat Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Selain membuat gigi dan mulut tetap sehat, rutin memelihara kesehatan gigi dan mulut juga dapat meningkatkan kesehatan kita secara menyeluruh, baik itu kesehatan fisik maupun mental.

Berikut ini ada beberapa manfaat dari menjaga kesehatan gigi dan mulut bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh:

  • Meningkatkan rasa percaya diri
  • Meningkatkan memori otak
  • Dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit kadiovaskular, seperti stroke danjantung koroner
  • Dapat menurunkan risiko terkena penyakit infeksi saluran pernapasan, seperti pneumonia
  • Dapat Menurunkan risiko munculnya penyakit autoimun, seperti rheumatoid arthritis
  • Dapat Menurunkan risiko ibu hamil melahirkan bayi premature

 

Menjaga kebersihan dan kesehatan gigi serta mulut sangat penting untuk menjaga kesehatan kita secara menyeluruh. Jadi, kita jangan lupa untuk menyikat gigi, melakukan flossing dengan benang gigi, dan berkumur dengan obat kumur setelah makan, ya supaya gigimu tetap bersih dan sehat.

Selain itu juga menjaga kebersihan mulut, kita juga harus memperhatikan kebersihan makanan yang kita konsumsi dan kebersihan tangan kita saat akan makan. Percuma, kan, kalau mulut kita sudah bersih namun kuman penyakit masuk ke dalam tubuh kita melalui makanan atau tangan yang kotor?

Kita juga disarankan untuk mengontrol kesehatan gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Selain itu juga kita perlu memeriksa kesehatan gigi dan mulut kita, dokter gigi juga dapat membersihkan plak yang letaknya dalam dan sulit dibersihkan hanya dengan menyikat gigi. Nah, mari jaga kesehatan gigi dan mulut kita dengan hal-hal di atas ya.!

Semoga bermanfaat.