Cara Mudah Menggunakan Aplikasi Canva Dengan Android Dan PC

 Cara Mudah Menggunakan Aplikasi Canva Dengan Android, Dan PC- Di era digital saat ini, masih bingung untuk membuat konten visual di dunia maya, baik itu blog, website, atau akun media sosial lainnya. Apa lagi jika kita tidak memiliki basic membuat desain grafis dan alat yang kita gunakan tidak begitu mendukung. Udah jangan khawatir lagi. Sekarang ada aplikasi yang memudahkan kalian untuk membuat semuanya menjadi lebih menarik dan sangat mudah dipelajari.

Apa sih kira-kira aplikasinya. Nah, benar! Saat ini ada aplikasi canva!

Penasaran dengan aplikasi tersebut. Tenang saja. DI artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana penggunaan aplikasi canva, fitur apa saja yang ditawarkan di dalamnya dan bagaimana cara mengoprasikan aplikasi tersebut.

Mari kita bahas lebih lanjut, dan selamat membaca!

***

Apa itu aplikasi Canva?!

Canva adalah platform dan juga aplikasi desain grafis online yang mudah untuk digunakan oleh pengguna yang masih juga para pemula. Melalui platform ini para pengguna sangat dimudahkan  untuk membuat konten berbentuk visual seperti presentasi, logo, poster,  dan desain untuk posting konten di sosial media. Aplikasi canva juga bisa diakses melalui desktop ataupun mobile.

Pada platform ini kalian bisa menggukan dua versi, yaitu versi berbayar dan versi gratis. Kalian bisa memilih saja antara kedua versi yang ada. Jika kalian menggunakan versi berbayar keuntungan yang didapatkan yaitu template yang disajikan lebih beranekaragam dan sangat menarik, tetapi untuk versi gratispun tidak kalah menariknya, hanya memang lebih banyak pilihan jika kalian menggunakan versi berbayar.

Versi berbayar di aplikasi ini, biasa disebut dengan akun canva pro, dan kalian hanya perlu membayar setiap bulannya mulai dari $9.95 saja loh!

Manfaat Menggunakan Aplikasi Canva!

Apa itu aplikasi Canva?!

Sudah dijelaskan jika aplikasi CANVA sangat banyak mempunyai manfaat, apa lagi untuk pemula yang belum mempunyai skill khusus dalam dunia pereditan. Maka bisa dikatakan aplikasi ini sangat cocok digunakan siapa saja.

Keunggulan aplikasi ini bukan hanya bisa digunakan oleh pemula saja. Kalian bisa menggunakan aplikasi ini untuk mendesign banyak hal!

Mulai dari ;

Logo —

Poster —

Featured Image Blog —

Infografik —

Newsletter —

Konten Media Sosial —

Thumbnail Youtube —

Desain Kemasan Produk —

Invoice —.

Banner Iklan —

Dokumen Pribadi —

Gimana sahabat Fauna, banyak sekalikan manfaat dari satu aplikasi ini. Jika kalian tertarik, mari kita bahas bagaimana cara penggunaan aplikasi ini yuk!!

***

Cara Menggunakan Aplikasi Canva

Sahabat Fauna, sudah taukan apa itu aplikasi Canva dan bagaimana manfaatnya untuk kita para penggunanya. Sekarng kita akan membahas langkha-langkah membuat design melalui aplikasi ini baik melalui smartphone ataupun PC.

Oh iya .. Untuk kalian yang tidak mempunyai PC atau laptop jangan khawatir. Membuat design HP juga sangat mudah.

Berikut ini akan dijelaskan cara menggunakan aplikasi Canva!

  • Unduh Aplikasi Canva di Google Play Store
  • Buka Aplikasi Canva
  • Lakukan Pendaftaran Akun
  • Pilih Template yang Diinginkan
  • Buat Desain Seperti Teks dan Gambar
  • Edit Desain
  • Simpan/unduh/download Hasil Desain
  • Selesai

***

  1. Unduh Aplikasi Canva di Google Play Store!

Cara Menggunakan Aplikasi Canva

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mendownload aplikasi Canva di google playstore yang ada di perangkat/hp kalian masing-masing.

  1. Buka Aplikasi Canva

awal

Jika aplikasi canva sudah terpasang di perangkat kalian, hal kedua yang harus kalian lakukan yaitu membuka aplikasinya.

  1. Lakukan Pendaftaran Akun

3. Lakukan Pendaftaran Akun

Langkah ketiga yang harus kalian lakukan yaitu mendaftar atau membuat akun canva terlebih dahulu. Kalian bisa langsung masuk ke dalam aplikasi Canva yang sudah kalian download, kemudian klik tombol “sign up”.

Kalian bisa mendaftar melalui akun yang kalian miliki seperti facebook, google, dan email. Setelah hal tersebut sudah berhasil dilakukan, kalian bisa mengganti bahasa dengan cara pilih bagian “setting”  yang terletak di kanan atas dengan lambing seperti gigi roda, kemudian pilih “language” dan silahkan ganti ke Bahasa Indonesia.

  1. Pilih tamplete yang Diinginkan

4. Pilih tamplete yang Diinginkan

Selanjutkan yang akan kita bahas adalah memilih tamplate. Di aplikasi ini, memliki banyak sekali koleksi tamplate. Template yang digunakan bisa sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing. Template yang ada di canva dibedakan sesuai dengan kategori, jadi kalian bisa memilih sesuka hati dan sesuai kebutuhan.

Untuk membuat design baru kalian bisa klik “buat design” atau bisa langsung memilih tamplate yang ada di dashboard dan kalian edit sesuai kebutuhan.

  1. Buat Desain Seperti Teks dan Gambar

5. Buat Desain Seperti Teks dan Gambar

Hal berikutnya yang perlu kalian lakukan yaitu membuat design baik itu teks ataupun gambar. Dengan memilih tamplate yang sudah kalian pilih tadi, selanjutnya kalian bisa membuat design.

  1. Edit Design

6. Edit Design

Mengedit mungkin untuk sebagian orang adalah hal yang sangat membosankan, karena di bagian ini kalian dituntut untuk menuangkan kreativitas kalian. Jangan sedih, jangan bingung dan jangan risau, dengan aplikasi canva kalian bisa mengedit dengan mudah tanpa harus kesulitan. Sebelum melanjutkan edit, akan kita bahas dahulu fitur apa saja yang ada di canva dan bagaimana cara menggunakannya.

Fitur editan Canva terdiri dari:

Template  — Desain yang ada bisa langsung kamu gunakan.

Unggahan  — Kalian bisa mengunggah foto yang ingin kalian masukan ke dalam design.

Foto  — Kalian bisa cari di search bar atas untuk foto yang kalian inginkan. Beberapa foto bisa digunakan gratis, tetapi juga ada yang harus membayar yang ditandai dengan kata “pro”.

Element  — Menambahkan bentuk, garis, bingkai, stiker, ikon, dan lainnya.

Text  — Menambahkan kata dengan jenis font yang berbeda.

Musik  — Menambahkan audio atau musik ketika nge-desain video atau animas.

Video  — Menambahkan video yang telah disediakan oleh Canva.

Latar  — Latar belakang atau background desain.

Folder  — Menyimpan foto atau elemen yang telah didownlaod atau sukai.

Lainnya  — Integrasi dengan aplikasi lainnya.

Setelah memahami kegunaan fitur yang ada dalam aplikasi canva, kalian bisa langsung mengedit hal yang kalian inginkan dengan cara mengklik dan menggeser objek yang ingin kalian edit.

Jika kalian ingin mengganti atau mengedit kata-kata, kalian langsung bisa mengklik bagian tulisan. Jika ada bagian yang menurut kalian kurang cocok, kalian bisa menghapusnya dengan menekan tombol delete  di keyboard laptop/hp kalian.

  1. Download Hasil Design.

7. Download Hasil Design.

Nah, setelah hasil edit selesai, kalian bisa langsung download atau mengunduh dengan cara klik tombol “unduh” di bagian kanan atas. Kalian bisa memilih jenis file sesuai keinginan kalian (PNG, JPG, PDF standar, atau PDF cetak).

Kalian juga bisa share hasil editan ke media sosial kaliang masing-masing, baik itu facebook, twitter, ataupun instagram. Ketika kalian sudah mendownload hasil edit kalian berarti tahapan menggunakan canva sudah selesai.

***

Gimana sahabat fauna? Sangat mudahkan cara menggunakan aplikasi ini. Selain mudah bagi pemula, aplikasi canva ini juga tidak mahal dan bisa dijangkau oleh siapa saja.

Selamat menjadi editor handal.

Salam Fauna!

***

Kalian juga bisa melihat artikel lainnya yang kalian butuhkan di Fauna.co.id

Terimakasih.