Cara Mudah Screenshot Di laptop , Acer, Asus, windows 7, dan 10

Halo sahabat fauna!

Cara Mudah Screenshot Di laptop, Acer, Asus, Windows 7-10- Kebanyakan orang menggunakan laptop untuk melakukan pekerjaannya, apa lagi disituasi work from home saat ini. Tidak jarang masih banyak orang yang bingung cara Screenshot di pc ataupun laptop. Nah, di artikel kali ini kita akan membahas cara mudah schreenhot di pc ataupun laptop dengan mudah.

Mari kita bahas artikelnya dan sahabat fauna bisa langsung mempraktekkannya ya!

Berikut cara yang harus diikuti:

 

  1. Screenshot di Laptop lewat Prt Screenshot Key Di laptop Windows 10

 

1. Screenshot di Laptop prt Screenshot Key di Laptop Windowns 10

 

 

Bagi kalian yang ingin schreenshot melalui laptop kalian, ada cara mudah melakukannya, dan kalian langsung bisa menyimpan salinan apa pun yang ada di layar komputer kalian dengan cara menekan tombol ‘Print Screen’ pada keyboard kalian.

Di keyboard laptop kalian biasanya tombol Screenshot diberi label ‘PrtScn’ dan terletak di baris atas di antara atau dekat tombol pause break dan insert. Kalian bisa melihat perbedaan pada beberapa keyboard.

Pada windows, bisa menampilkan beberapa variasi PrtScn:

  • Tekan PrtScn.

Dengan menekan metode ini, kalian bisa menyalin seluruh layar ke clipboard. Kalian dapat menempelkan screenshot ke program apa pun yang menampilkan gambar seperti Paint atau Microsoft Word.

  • Tekan Alt+ PrtScn.

Dengan metode ini kalian bisa menyalin jendela aktif ke clipboard yang bisa kalian tempelkan ke program lain.

  • Tekan tombol Windows Key+ Shift+ S.

Dengan cara ini, layar perangkat kalian bisa meredup dan penunjuk mouse berubah. Kalian dapat menarik untuk memilih bagian layar yang akan diambil gambarnya. Hasil screenshot langsung disalin ke clipboard, yang dapat kalian tempelkan ke program lain.

  • Tekan tombol Windows + PrtScn.

Dengan cara ini, kalian bisa langsung menyimpan seluruh layar sebagai file gambar. Kalian dapat menemukannya di folder ‘Picture’ dalam subfolder yang disebut Screenshots.

 

  1. Cara screenshot di Windows 10 dengan snipping tool.

 

sniping

 

 

Kalian bisa menggunakan Snipping Tool untuk mengambil screenshot di laptop kalian, dan juga menyimpannya sebagai file gambar tanpa terlebih dulu menempelkan tangkapan layar ke program lain.

Berikut ini cara screenshot di laptop menggunakan Snipping Tool berikut ini:

  • Pilih Snipping Tool dari menu Start
  • Dalam drop down menu, pilih jenis bentuk screenshot yang kalian inginkan. Kalian bisa membuka apa saja dari layar full screen, persegi panjang, hingga bentuk bebas.
  • Selanjutnya, pilih bagian New dan layar kalian akan membeku. Kalian kemudian dapat menggunakan mouse untuk membuat screenshot. Kemudian tangkapan layar dan akan muncul di jendela Snipping Tool.
  • Jika kalian ingin menyertakan sesuatu seperti tooltip, yang hanya muncul setelah gerakan mouse, kalian dapat menentukan seberapa lama menunggu sebelum mengambil screenshot menggunakan menu Delay.
  • Setelah kalian mengambil hasil screenshot, kalian bisa menggunakan alat gambar untuk memberi keterangan pada screenshot.
  • Setelah semua selesai, klik ‘File’, lalu pilih Save As untuk menyimpan screenshot yang telah selesai ke laptop atau pc kalian.
  • Kalian juga bisa memilih tombol copy di Snipping Tool untuk menyalin gambar ke clipboard kalian.

 

  1. Cara screenshot Game Bar di laptop

 

 

game

 

 

Dibagian ketiga, kita bisa akan mencoba mengscreenshot game bari di laptop. Game Bar adalah overlay yang digunakan di sebagian besar game Windows untuk mengambil screenshot dan merekam video. Dengan game bar kalian bisa lebih mudah untuk screenshot di pc ataupun komputer kalian.

Jika kalian ingin menggunakannya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Kalian bisa memulainya dengan membuka game dari Start menu di Xbox Console Companion program.
  • Saat kalian bermain game, kalian bisa langsung menekan tombol Windows + G. Game Bar overlay akan muncul di sini.
  • Selanjutnya klik ikon kamera untuk mengambil screenshot atau kalian bisa langsung menggunakan shortcut keyboard seperti tombol Windows + Alt + PrtScn. Screenshot yang sudah dilakukan akan secara otomatis disimpan ke folder Videos dalam subfolder yang disebut Captures, dan jika kalian memainkan game di Steam, Kalian bisa langsung menekan F11 untuk mengambil tangkapan layar.

 

  1. Cara screenshot di laptop Asus menggunakan Kombinasi Windows +PrtSc

 

asus

 

 

  • Dibagian keempat, kita bisa melakukan screenshot dengan menekan windows + PrtSc. Dengan menggunakan cara ini, hasil screenshot sudah terjamin tersimpan dengan baik.
  • Kalian harus menekan tombol tersebut secara bersamaan supaya bisa otomatis terjadi. Jika layar laptop berkedip, maka screenshot berhasil dilakukan dan hasil schreenshot tersimpan dengan baik.

 

 

  1. Cara screenshot di laptop Asus menggunakan Kombinasi Fn + PrtSc

 

 

fn

 

 

  • Bagian terakhir kalian bisa melakukan schreenshot, dengan menggunakan kombinasi Fn + PrtSc. Selain cara sebelumnya, kalian bisa menekan tombol kombinasi lainnya untuk screenshot yaitu Fn + PrtSc.
  • Jika kalian ingin memakai cara ini, kalian hanya perlu menekan secara bersamaan juga tombol Fn + PrtSc. Jika hal tersebut sudah kalian lakukan, kalian bisa mulai membuka aplikasi pendukung, misalnya edit gambar yang biasanya ada di laptop Asus.
  • Selanjutnya kalian bisa mengklik paste atau Ctrl + V, dan setelah itu picture hasil screenshot akan muncul di aplikasi tersebut. Yang terakhir kalian bisa langsung menyimpan gambar tersebut dengan menekan ikon save atau kombinasi¬† Ctrl + S.

Demikian tadi artikel yang di bahas. Semoga sahabat fauna bisa memahaminya dengan baik dan bahkan bisa mempraktikkannya. Jika sahabat fauna ingin membaca info lainnya. Kalian bisa langsung saja mengunjungi Fauna.co.id untuk mencari segala jenis artikel lainnya.

Terimakasih.

Salam Fauna!