Membuat Media Pembelajaran dengan Aplikasi Menggunakan Android Dan Pc

Membuat Media Pembelajaran dengan Aplikasi Menggunakan Android Dan Pc- Di era modern saat ini, seorang pendidik memiliki tugas utama untuk menyampaikan materi dan informasi kepada peserta didik secara efektif. Hal tersebut diperlukan supaya proses pembelajaran menjadi efektif dan menarik perhatian peserta didik. Maka dari itu diperlukan berbagai macam persiapan dan juga kreativitas pendidik.
Dari hal di atas maka peserta didik dituntut untuk menyiapkan dan mengembangkan media pembelajaran yang cocok dengan materi dan karakteristik peserta didik. Untuk menyiapkan dan mengembangkan proses pembelajaran dibutuhkan keterampilan dalam membuatnya.kalian bisa membuat video pembelajaran, games digital, buku digital, dan atau power point. Hal tersebut dalam teralisasi dengan menggunakan aplikasi ataupun software yang berfungsi sebagai alat bantu.
Nah, berikut ada beberapa daftar aplikasi dan software yang bisa kalian coba untuk mengembangkan media pembelajaran khususnya yang berbasis digital.

 

***

 

canva

1. Canva

Platfrom ini menjadi salah satu yang paling digemari oleh pecinta editing karena merupakan salah satu aplikasi pengolah grafis atau visual yang sangat mudah digunakan. Canva merupakan aplikasi pengolah grafis berbasis cloud yang bisa kalian gunakan dan harus terhubung dengan internet.
Sebagai pendidik kalian bisa memanfaatkan aplikasi Canva untuk keperluan desain pembelajaran kalian. Banyak hal yang bisa dibuat seperti infografis, rangkuman materi, worksheet, brosur, poster, template presentasi, thumbnail YouTube dan kebutuhan grafis sederhana lainnya.
Kalian bisa menggunakan aplikasi ini melalui website canva.com atau melalui aplikasi mobile-Nya yang tersedia di playstore dan apple store.

 

2. Powtoon

2. Powtoon

Platfrom yang kedua yaitu Powtoon. Aplikasi ini merupakan aplikasi presentasi dan video animasi interaktif. Kalian bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat media pembelajaran seperti presentasi, video animasi, infografis bergerak, dan lainnya. Dengan aplikasi ini penjelasan materi yang kalian buat bisa lebih interaktif, dan menarik.
Aplikasi ini memiliki beragam fitur dan template yang akan memudahkan proses pembuatan media pembelajaran. Kalian bisa menambahkan karakter, efek teks, animasi, link, latar blakang, dan lainnya. Kalian juga bisa menggerakan karakter dan teks sesuai kebutuhan dengan hanya memilih efek dan gaya yang tersedia.
Setelah media pembelajaran selesai diedit, kalian bisa langsung mengupload ke YouTube, Facebook dan lainnya. Kalian juga bisa menyimpan atau export media pembelajaran yang sudah kalian buat dalam beberapa format lainnya seperti MP4, PDF, dan PPT.

 

Prezi

3. Prezi

Di bagian yang ketiga, kita akan melihat aplikasi yang tidak kalah keren di banding dengan sebelumnya. Aplikasi yang di maksud yaitu Prezi. Aplikasi ini digunakan untuk membuat dan mengelola presentasi secara online. Aplikasi Prezi ini hamper sama dengan aplikasi powerpoint maupun google slide.
Fitur utama yang dimiliki Prezi yaitu (ZUI) Zooming User Interface, yang memungkinkan kalian untuk memperkecil dan memperbesar tampilan media presentasi secara fleksibel. Kalian juga mempunyai pilihan untuk membuat presenteasi dengan mode linear.
Fitur utama prezi diantaranya yaitu untuk presentasi, video interaktif, dan untuk desain. Dengan menggunakan aplikasi ini diharapkan kegiatan belajar mengajar online bisa lebih menarik dan interaktif. Hampir sama dengan aplikasi sebelumnya, Prezi dapat digunakan secara online maupun secara offline.

 

4. Sparkol Video Scribe

4. Sparkol Video Scribe

Platfrom yang satu ini yaitu Sparkol Video Scribe. Dalam platform ini berisi presentasi video white board dengan menggunakan animasi tulisan tangan dengan latar belakang seperti papan tulis. Sparkol bisa menjadi alat pengembangan media pembelajaran yang interaktif karena memiliki kombinasi animasi dan template yang sangat menarik.
Kalian juga bisa menggunakan software ini secara online melalui videoscribe.co ataupun secara offline. Untuk kalian yang menggunakan aplikasi ini secara gratis kalian hanya diberi waktu percobaan selama 30 hari dan setelah itu diharuskan menggunakan versi berbayar. Dalam aplikasi ini terdapat banyak fitur yang bisa kalian gunakan seperti; animasi, gambar, ikon, dan efek.

 

5. Lectora

5. Lectora

Lectora merupakan software dan tool yang digunakan untuk pengembangan e-learning. Lectora bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan pembelajaran. Lectora bisa gidunakan untuk pembuatan presentasi, kuis, bahkan game pembelajaran berbasis flash.
Ketika kalian menginstal aplikasi ini, sudah langsung disertai dengan aplikasi pendukung seperti rekam layar, menggabungkan gambar dan animasi, dan capture layar monitor. Dengan menggunakan Lectora kalian dapat membuat media pembelajaran berbasis online menjadi lebih menarik. Bukan hanya itu saja, kalian juga bisa membuat materi presentasi, menambah contoh latihan soal, memasukkan gambar dan video.

 

 

sigil

6. Sigil

Aplikasi ini biasa digunakan untuk membuat dan mengelola buku digital. Sigil selain gratis juga memiliki fitur yang lengkap. Sigil merupakan salah satu Epub yang banyak digunakan karena sangat mudah untuk dipelajari. Sigil juga mendukung beragam format seperti teks, gambar audio dan video.
Kalian bisa memasukkan materi, kuis, video, audio, latihan soal mulai dari SD sampai SMA, serta konten lainnya dalam buku digital Anda agar lebih menarik. Sigil juga bisa kalian diakses melalui aplikasi dekstop, browser dan perangkat mobile.

 

fikmora

 

7. Filmora

Filmora merupakan aplikasi editing video yang mudah digunakan bagi pemula. Meskipun mudah digunakan untuk semua kalangan, bukan berarti aplikasi ini tidak lengkap. Filmora memiliki fitur yang sangat lengkap. Kalian bisa menggunakan Filmora untuk membuat video pembelajaran menjadi lebih menarik dan inovatif. Aplikasi ini memiliki beragam template, efek animasi serta transisi yang bisa kalian gunakan secara gratis.
***
Selamat mencoba membuat media pembelajaran dengan kreatif san menarik.
Kalian bisa mendapatkan info lainnya di Fauna.co.id
Terimakasih.