Cara Setting & Mengoptimalkan Emulator Tencent Gaming Buddy Agar Tidak Lag

Cara Setting & Mengoptimalkan Emulator Tencent Gaming Buddy Agar Tidak Lag – Bagi penggemar game PUBG mobile untuk memainkan game ini di PC, tidak perlu lagi menggunakan emulator Android. Karena Tencent saat ini sudah menyediakan emulator resminya dari Gaming Buddy.

Emulator Tencent memudahkan para penggemar PUBG versi mobile untuk memainkannya di versi PC. Tentunya emulator ini juga memiliki kelebihan dibandingkan emulator Android biasa, terutama saat bermain PUBG Mobile.

Buat kamu yang penasaran dan ingin menggunakan Tencent Gaming Buddy, berikut ini adalah rangkuman cara setting Tencent Gaming Buddy tanpa penundaan agar bermain PUBG Mobile di PC semakin menyenangkan.

Cara Setting & Mengoptimalkan Emulator Tencent Gaming Buddy Agar Tidak Lag

Di bawah ini adalah pengaturan atau pengaturan terbaik untuk mengoptimalkan emulator Tencent Gaming Buddy untuk memainkan game seluler PUBG tanpa lag dan crash:

  • Langkah pertama adalah mengubah bahasa emulator Tencent ke bahasa Indonesia terlebih dahulu. Karena bahasa Mandarin atau Mandarin digunakan secara default di emulator Tencent ini. Untuk melakukannya, klik tiga baris pada tombol perkecil, lalu pilih menu ketiga.

  • Tutup dan jalankan kembali aplikasi untuk mengubah bahasa emulator Tencent ke bahasa Indonesia.
  • langkah selanjutnya adalah setting engine emulator dan resolusi game. Tujuannya adalah untuk menyesuaikan setting engine sobat Tencent gaming dan resolusi game sesuai dengan PC yang digunakan.
  • Pengguna PC dengan spesifikasi VGA AMD harus terlebih dahulu mengubah setting rendering untuk membuka GL+. Hal ini berguna untuk menghindari kesalahan yang akan menyebabkan game crash saat melempar granat. Pengguna PC yang menggunakan VGA selain AMD dapat memilih mode Smart atau opsi DirectX.

  • Kemudian rentang resolusi dapat diubah-ubah sesuai dengan spesifikasi monitor laptop atau PC yang digunakan. Dalam contoh ini dengan monitor 1080p, pilih pengaturan opsi 1920 x 1080.

  • Selanjutnya pada bagian DPI pilih nilai terendah yaitu 160. DPI ini mempengaruhi ketajaman gambar secara keseluruhan. Semakin tinggi DPI, semakin sulit permainannya.
  • Untuk cache rendering, ini bisa menjadi opsi opsional. Anda dapat mencoba terlebih dahulu, jika Anda tidak memiliki masalah rendering, silakan aktifkan. Tetapi opsi pengoptimalan harus diaktifkan untuk rendering.
  • Pada tab Games, ubah resolusi game sesuai dengan spesifikasi VGA yang Anda gunakan. Misalnya, pilih 1080p di sini. Namun, pengguna VGA pada Radeon RX 550 sebaiknya menggunakan resolusi 720p untuk menghindari game lag. Sedangkan untuk tampilan, Anda bisa memilih Auto.

  • Langkah selanjutnya adalah mengatur ukuran file paging atau memori virtual. Ukuran yang disarankan harus menggunakan setidaknya setengah dari memori komputer. Misalnya, RAM adalah 8 GB, jadi Anda dapat menggunakan setidaknya 4 GB untuk file paging.

Cara menggunakannya dengan masuk ke Windows Explorer, lalu klik kanan pada icon komputer dan pilih Properties. Pilih pengaturan sistem lanjutan.

Saat jendela Performance Options terbuka, pilih tab Advanced, lalu klik tombol Change di bagian Virtual Memory. Ubah ukuran memori virtual, lalu klik OK.

Spesifikasi Minimum PC untuk Main PUBG Mobile di PC

Faktor lag saat memainkan game PUBG mobile di PC seringkali dipengaruhi oleh spesifikasi dari PC itu sendiri.

Sebelum kami menjelaskan bagaimana cara men-setup Tencent Gaming Buddy secara penuh tanpa penundaan, berikut adalah spesifikasi minimum PC terbaik untuk menggunakan Tencent Gaming Buddy:

  • CPU: Setidaknya dual core untuk PC Intel dan setidaknya 1,8 GHz untuk PC AMD
  • VGA: NVIDIA GeForce 8600/9600GT, ATI/AMD Radeon HD2600/3600
  • RAM: Setidaknya 3 GB, lebih baik menggunakan 4 GB dan lebih
  • Sistem operasi: Windows 7, 8, 8.1 dan 10
  • DirectX: Versi 9
  • Ruang penyimpanan: Setidaknya 2 GB, ruang penyimpanan gratis
  • Setting Tencent Gaming Buddy bekerja lebih maksimal dengan spesifikasi PC minimal.

Namun, bagi pengguna PC dengan spesifikasi sebagai berikut, tidak ada salahnya menggunakan pengaturan yang sudah dijelaskan di bawah ini.

Sebelum membaca cara setting emulator Tencent agar tidak lag, perlu diketahui bahwa dua faktor utama yang penting untuk kelancaran game, yaitu kecepatan koneksi internet dan spesifikasi PC yang digunakan.

Koneksi internet yang lambat dapat membuat game menjadi crash meskipun dimainkan di PC dengan spesifikasi tinggi.

Khusus untuk pengguna PC dengan spesifikasi RAM 2GB ke bawah, upgrade terlebih dahulu jika ingin bermain game tanpa lag.