Ukuran Kertas A4 Dalam Berbagai Satuan

Ukuran Kertas A4 : Berbagai Satuan, Resmi, Foto, Dan Poster – Salah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki penulis dan desainer grafis adalah bagaimana mengatur ukuran kertas pada lembar kerja komputer. Terutama yang menggunakan aplikasi seperti Microsoft Word, Excel, Corel Draw, dan lembar kerja desain lainnya seperti Photoshop.

Bagi kebanyakan orang yang terbiasa dengan game komputer, hal ini mungkin terlihat sepele. Ya, mainannya sama setiap hari. Namun, bagi orang lain, ini bisa menjadi penyebab masalah yang rumit.

Untuk penulis buku, misalnya. Saat diminta untuk menulis menggunakan default ukuran kertas A4, itu harus diatur ke ukuran kertas A4 dari awal. Bayangkan dia menulis tanpa memperhatikan pengaturan ukuran kertas sedangkan pengaturan dasar di komputernya adalah F4.

ukuran kertas a4

Ukuran Kertas A4

Jadi ketika Anda selesai menulis atau ingin mencetak, jumlah halaman akan berubah. Saat berubah dari F4 ke A4, ukurannya menjadi lebih kecil. Meski hanya beberapa inci, itu bisa berdampak besar pada jumlah halaman.

Penggunaan Kertas A4

Penggunaannya juga berstandar internasional, sehingga bisa digunakan di Indonesia maupun negara lain. Di bawah ini adalah beberapa kegunaan paling umum untuk kertas A4.

  • Dokumen Resmi

Kertas A4 masih digunakan sebagai kebutuhan utama untuk mencetak dokumen penting. Pada kenyataannya, kertas ini masih digunakan sebagai ukuran standar untuk tesis seperti tesis atau makalah.

Dokumen legal seperti penawaran atau berbagai surat lainnya masih menggunakan kertas A4 sebagai format standar yang disepakati.

  • Mencetak Foto

Tidak jarang A4 digunakan untuk mencetak foto. Bukan di kertas HVS tentunya, tapi di kertas foto A4, yang lebih tebal dan glossy. Caranya adalah dengan mencetak secara lengkap dengan mengatur margin ke 0.

  • Poster

Terlihat agak kecil, tetapi poster A4 tidak kalah populer. Poster ukuran ini dapat direkatkan ke dinding atau poster lainnya.

Jadi membuatnya sangat mudah dengan unit piksel saat menggunakan Photoshop. Anda juga mendapat manfaat dari aplikasi Word yang lebih sederhana dengan satuan cm.

  • Sertifikat

Biasanya, kertas A4 juga digunakan sebagai kertas sertifikat. Namun, sertifikat sebenarnya memiliki dimensi yang cukup fleksibel. Namun, paling sering, format A4 dan F4 digunakan dengan jenis kertas yang lebih tebal daripada HVS biasa.

Ukuran Kertas A4 Dalam Berbagai Satuan

Mengapa kita perlu mengetahui ukuran kertas A4 dalam satuan yang berbeda? Jika Anda ingin mudah, yang harus Anda lakukan adalah mengikuti pengaturan default. Lagi pula, lembar kerja komputer sudah memiliki pengaturan default.

Bisa jadi dalam situasi tertentu kita perlu mengetahui ukuran kertas dalam satuan yang berbeda. Misalnya, dalam hal tata letak, kami bekerja untuk membuat desain visual untuk tulisan kami. karena itu adalah cetakan, ukurannya harus ditentukan.

  • Ukuran Kertas A4 dalam Milimeter dan Centimeter

Pada umumnya kita melihat ukuran kertas A4 secara default dalam milimeter dengan ukuran 210mm x 297mm. Jika Anda ingin mengubahnya menjadi inci, ubah saja menjadi 8,5 “x 11”.

  • Ukuran Kertas A4 dalam Centimeter dan Inch

Karena milimeter lebih kecil dari sentimeter, perbedaan jumlahnya sangat besar. Lain halnya jika kita ubah ke inci, maka ukuran kertas A4 menjadi 8,27″ x 11,6″.

  • Ukuran Kertas A4 dalam Pixel

Bagaimana jika Anda ingin mengubahnya menjadi piksel? Kami biasanya menggunakan piksel untuk desain grafis, bukan inci atau milimeter. Tentu akan berbeda. Sejauh yang saya tahu, tidak hanya di dunia desain grafis, persyaratan gambar konten situs web dapat ditentukan dari unit piksel. Ini biasanya terkait dengan pemuatan gambar saat membuka halaman web.

Sederhananya, unit piksel ini digunakan untuk meningkatkan kualitas resolusi gambar. Kami mungkin telah mencoba mengecilkan gambar agar terlihat seperti gambar akan menjadi kotak.

Nah, ketika sebuah gambar memiliki resolusi yang lebih besar, biasanya saat melakukan zoom out, kotak-kotak ini tidak terlalu terlihat. Tergantung pada ukuran unit piksel gambar. Ketika pikselnya besar, kualitasnya jauh lebih baik.

Dalam hal ini disebut unit Pixel Per Inch (PPI). Untuk A4, ukuran kertas itu sendiri dapat diklasifikasikan menggunakan satuan ini. Untuk lebih jelasnya silahkan simak perbandingan ukuran kertas A4 berikut ini:

  • Ukuran kertas A4 72 PPI memiliki ukuran 595 piksel x 842 piksel.
  • Ukuran kertas A4 200 PPI memiliki ukuran 1654 piksel x 2339 piksel.
  • Ukuran kertas A4 300 PPI memiliki ukuran 2480 piksel x 3058 piksel.
  • Ukuran kertas A4 400 PPI memiliki ukuran 3307 piksel x 4677 piksel.
  • Ukuran kertas A4 600 PPI memiliki ukuran 4691 piksel x 7016 piksel.
  • Ukuran kertas A4 1200 PPI memiliki ukuran 9921 piksel x 14031 piksel.